Awalbarri’s Blog

Maret 16, 2009

BUDAYA PERUSAHAAN

Filed under: Uncategorized — awalbarri @ 10:57 am

 Dapat menciptakan nilai yang merupakan identitas bersama dari karyawan dan pimpinan perusahaan, yang diharapkan dapat membangun komitmen mereka kepada perusahaan.

 Dengan komitmen tersebut diharapkan tumbuh semangat bersaing

 Dengan budaya yang tepat, diharapkan dapat terpelihara stabilitas dan integritas serta sekaligus dapat dikembangkan dinamika serta persaingan dalam perusahaan.

 Merubah Budaya Perusahaan tidaklah mudah. Pergantian pimpinan belum tentu dapat merubah Budaya Perusahaan. Restrukturisasi mungkin dapat mendukung perubahan Budaya Perusahaan – yang diikuti dengan komunikasi yang efektif, pemilihan orang yang tepat, penilaian kinerja yang efektif dan sistem imbalan yang tepat.

YN LMFEUI

BENTUK DAN TINGKATAN BUDAYA PERUSAHAAN
Tingkat I.
Perwujudan Pola Perilaku yang mudah diamati, tetapi sulit dirumuskan dengan tajam:
– Teknologi
– Seni
– Bahasa, percakapan
– Ritual, bentuk kerjasama sosial, perilaku tampak dari luar dan tindakan
– Status, stratafikasi.
Tingkat II.
Bentuk nilai-nilai yang disepakati bersama, kesadaran anggota organisasi apa yang seharusnya:
– Ungkapan Filosofi Perusahaan (hubungan dengan para stakeholders).
– Norma perilaku dalam kelompok kerja.
– Motto atau slogan yang dinyatakan oleh perusahaan sebagai suatu kesepakatan.
– Aturan mengenai bagaimana cara menyesuaikan diri dalam organisasi.
– Nilai-nilai yang dinyatakan secara eksplisit dan berbagai bentuk sangsi sosial (umumnya diatur oleh moralitas dan tradisi atau kebiasaan)
Tingkat III.
Etos Budaya – diterima begitu saja, tidak nampak, preconscious
– Karakter, sentimen, moralitas atau keyakinan yang membimbing seseorang atau kelompok atau lembaga secara khusus.
YNLMFEUI

FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK
BUDAYA PERUSAHAAN

1. Pengaruh Eksternal
 Budaya Masyarakat/Bangsa
 Budaya Industri (Teknologi dan Kondisi Lingkungan)

2. Pengaruh Internal
 Sejarah perkembangan perusahaan
 Pilihan Strategi Usaha
 Struktur Organisasi dan Sistem Manajemen
 Politik dan Struktur Kekuasaan dalam perusahaan

PENEKANAN PRAKTEK ETIS
 Praktek Etis perlu terjamin bila didukung oleh Manajer Strategis
 Alat mengembangkan Praktek Etis adalah penanaman nilai etis lewat Budaya Perusahaan, karena etika yang menuntun tidakan individu dapat dibentuk organisasi melalui pengendalian perilaku manajer dan karyawan.
 Sebuah perusahaan besar farmasi – Johnson & Johnson menyatakan bahwa sumber utama keberhasilannya adalah Budaya Perusahaan yang menekankan perilaku Etis, yang bahkan melampaui batas-batas internasional.

YN LMFEUI

Budaya diekspresikan dalam bentuk:
(Farid Elashmawi & Philip R. Harris)

1. Bahasa
2. Orientasi Ruang dan Waktu
3. Agama dan Sistem Kepercayaan
4. Pola Berfikir
5. Citra Pribadi
6. Seperangkat Nilai-nilai
7. Budaya Material
8. Estetika
9. Komunikasi non Verbal

YN LMFEUI

PERAN BUDAYA KERJA DALAM MENCAPAI HASIL USAHA

MISI & VISI PERUSAHAAN

STRATEGI

BUSINESS PLAN & GOALS

ACTION PLAN

SISTEM, PROSEDUR

PERATURAN, PETUNJUK INSTRUKSI, PEDOMAN

PEGAWAI PERUSAHAAN


BUDAYA KERJA PEGAWAI

ANGGAPAN;NILAI;NORMA

SIKAP/PERILAKU

H A S I L

YN LMFEUI

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: