Awalbarri’s Blog

Januari 8, 2009

SOMBONG

Filed under: Uncategorized — awalbarri @ 7:24 am

Sombong adalah salah satu sifat yang tercela dan juga di benci dalam agama islam, dimana pelit sering membuat orang lupa dari mana asalnya, karena sombong adalah membanggakan diri seolah-olah merasa lebih mulia dari orang lain dan karena kesombongan ini telah banyak manusia dihukum oleh Allah seperti dalam kisah Sa’laba.
Yang mana pada satu kisah pada zaman Rasulullah suatu hari setelah selesai sholat magrib berjamaah bersama Rasulullah Sa’laba langsung pergi dan tidak berdoa bersama Rasul, kejadian ini telah berulang terjadi sampai suatu hari Rasul menemuai Sa’laba dan menanyakan apa sebenarnya yang membuat sahabatnya ini apabila habis sholat magrib langsung pulang. Rasul bertanya “hai Sa’laba kenapa sehabis sholat engakau langsung pulang dan tidak ikut berdoa bersama-sama? Sa’laba menjawab “Ya Rasulullah, bukan aku tidak mau berdoa bersama engkau, hanya saja apabila aku ikut berdoa bersama maka aku takut waktu sholat magrib habis dan istriku tidak jadi sholat karena sarung satu-satunya inilah yang ada pada kami. Itulah yang menyebabkan aku cepat pulang ya Rasulullah”. Mendengar perkataan Sa’laba ini Rasulullah pun terharu, dan pada suatu hari Sa’klaba meminta untuk didoakan Rasullullah supaya diberikan rezeki yang banyak, maka Rasul menjawab aku takut setelah engkau mendapatkan kekayaan engkau menjadi sombong dan lupa akan kewajibanmu pada Allah, dan dia berjanji apabila telah mendapat rezeki yang banyak maka dia akan ikut sholat dan berdoa bersama Rasulullah, Maka Rasulullah mendoakan Sa’laba agar diberikan Allah jalan menuju kekayaan dan Rasul pun memberinya seekor kambing yang sudah hamil. Singkat cerita…
Setelah beberapa tahun kemudian kambing Sa’laba bertambah banyak dan Sa’laba pun semakin sibuk untuk mengurusi kambing-kambingnya sampai-sampai pada suatu hari Sa’laba tidak ikut sholat jum’at, maka Rasul menanyakan pada para sahabat lainnya “kenapa Sa’laba tidak ikut sholat” para sahabat menjawab bahwa sa’laba sudah sangat sibuk mengurusi kambing-kambingnya. Sehingga pada suatu hari Rasul mengutus sahabat untuk meminta zakat daripada kekayaan Sa’laba maka Sa’laba menjawab “saya tidak mau, kalian kira untuk mengurus kambing ini tidak menggunakan biaya???” kemudian para sahabat mengadukan pada Raulullah akan perkataan Sa’laba tersebut, maka seketika itulah Rasul mendoakan Sa’laba supaya Allah mencabut kekayaan yang dimiliki Sa’laba. Maka Allah memberikan azab pada kambing-kambing Sa’laba dan hari demi hari kambing Sa’laba habis bermatian. Seketika itulah Sa’laba kembali menjadi miskin.
Inilah satu kisah karena kesombongan akan kekayaan yang dimilikinya membuat dia menjadi lupa pada sang penciptanya.
Oleh sebab itu kita ummat islam marilah kita menjauhkan sifat sombong supaya kita terhindar dari murka Allah.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: