Awalbarri’s Blog

Desember 4, 2008

MAKAN TAHU MENINGKATKAN RISIKO HILANG INGATAN

Filed under: Uncategorized — awalbarri @ 7:43 am

MAKAN TAHU MENINGKATKAN RISIKO HILANG INGATAN

LEICETERSHIRE (SINDO)-Sebuah studi yang dilakukan Professor Eef Hogervorst dari Lougborough University menunjukkan bahwa makan tahu dalam jumlah besar dapat membuat orang mengalami hilang ingatan atau pikun. Studi yang dilakukan Hogervorst ini sejalan dengan studi serupa yang pernah dilakukan pada pria keturunan Amerika-Jepang lanjut usia.
Hogervorst melakukan studinya terhadap 719 manusia usia lanjut (manula) di perkotaan dan daerah terpencil di pulau Jawa. Tidak dijelaskan kapan dan dimana lokasi tepatnya Hogervorst menggelar studi tersebut. “Makan tahu dalam jumlah besar, setidaknya sekali sehari, berhubungan dengan buruknya ingatan, terutama bagi mereka yang berusia di atas 86 tahun,” papar Hogervorst dalam jurnal Dementias and Geriatric Cognitive Disoders.
Menurut Hogervorst, tahu mengandung mikronutrien yang disebut phytoestrogen, yang mempunyai fungsi mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Ada sejumlah bukti yang menguatkan bahwa zat ini mampu melindungi otak orang muda dan setengah tua dari kerusakan. Namun, dampak yang ditimbulkan pada mereka yang berusia lanjut belum diketahui secara pasti.
Hogervorst menduga estrogen dan phytoestrogen memicu pertumbuhan sel, yang sejatinya kurang baik untuk otak manula. Estrogen dalam dosis tinggi memicu kerusakan sel oleh partikel yang dikenal dengan radikal bebas. Hogervorst mengaku belum mengetahui dampak negatif mengonsumsi tahu dalam jumlah besar.
“Kemungkinan lainnya, kerusakan ingatan bukan dari tahu, melainkan dari formalin yang kerap kali dijadikan bahan pengawet. Dibutuhkan penelitian lebih seksamaterhadap etnis lainnya untuk mendeteksi dampak buruk tahu, ujar Hogervorst.
Jika tahu mempunyai dampak kurang baik bagi manula, di pihak lain, Hogervorst mengungkapkan, tempe mempunyai kandunganvitamin folat yang baik untuk meningkatkan daya ingat. “Mungkin interaksi antara dua folat phytoestrogen melindungi dari kerusakan ingatan, paparnya.(BBC/Imam Gem)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: