Awalbarri’s Blog

November 29, 2008

Tentang Akuntansi

Filed under: Uncategorized — awalbarri @ 3:42 am

PENGERTIAN AKUNTANSI

American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai : “……..proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Akuntansi juga berfungsi untuk menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Kegiatan akuntansi meliputi :
1. Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan.
2. Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan.
3. Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.

Pemilik dan calon pemilik dari suatu perusahaan perlu mengetahui bagaimana eadaan keuangan perusahaan dan prospeknya dimasa datang. Bagi pemilik, informasi itu dapat digunakan untuk memutuskan apakah ia akan tetap mempertahankan kepemilikannya di perusahaan itu, atau menjualnya dan kemudian menanamkan modalnya ditempat lain. Pihak kreditur (misalnya bank) ingin mengetahui perkembangan perusahaan setelah pinjaman diberikan. Ia harus selalu menilai kemampuan perusahaan mengembalikan pinjaman untuk memutuskan apakah harus memberikan tambahan pinjaman atau menarik pinjaman yang telah diberikan.

PEKERJAAN AKUNTAN

Secara garis besar akuntan dapat digolongkan menjadi: (1) akuntan public; (2) akuntan manajemen; (3) akuntan pemerintah dan (4) akuntan pendidik. Akuntan publik atau kadang disebut akuntan ekstern adalah akuntan independent yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Mereka bekerja secara bebas, pada umumnya mendirikan suatu kantor akuntan. Termasuk dalam kategori akintan publik adalah akuntan yang bekerja pada kantor tadi. Untuk dapat berpraktik sebagai akuntan publik dan mendirikan kantor akuntan, seseorang harus memperoleh izin dari Departemen Keuangan. Seorang akuntan public dapat memberikan: (1) jasa pemeriksaan (auditing); (2) jasa perpajakan (tax services); (3) jasa konsultasi manajemen (management advisory services); dan (4) jasa akuntansi (accounting services). Akuntan manajemen atau disebut juga akuntan intern (internal accountants) adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Jabatan yang dapat diduduki mulai dari staf biasa sampai dengan kepala bagian akuntansi, controller atau direktur keuangan. Tugas yang dikerjakan dapat berupa: (1) penyusunan sisten akuntansi; (2) penyusunan laporan akuntansi kepada pihak-pihak di luar perusahaan; (3) penyusunan laporan akuntansi kepada manajemen; (4) penyusunan anggaran; (5) menangani masalah perpajakan; dan (6) melakukan pemeriksaan intern.
Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah, seperti di departemen- departemen, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BEPEKA), Direktorat Jenderal Pajak, dan lain-lain. Disamping tiga golongan akuntan tersebuut diatas, terdapat akuntan yang bekerja sebagai pendidik. Akuntan pendidik terutama bertugas dalam pendidikan akuntansi, yaitu mengajar, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi dan melakukan penelitian di bidang akuntansi.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: